Mencari Air Terjun Katumanggungan dan Air Terjun Proklamator di Hutan Lembah Anai

          Lembah anai merupakan suatu daerah yang terletak di jalan padang panjang-padang atau selepas batas kota padang panjang menuju padang. Lembah yang dikelilingi oleh bukit ini sangat lah asri. Dinding-dinding bukit yang sangat asri dihiasi hutan hijau yang lebat. Kondisi tersebut membuat udara di sana sangat terasa segar ditambah angin gunung yang berasal dari gunung tadikat.
        Pesona lembah anai makin mempesona dengan adanya air terjun  yang terdapat di pinggir jalan dengan nama air terjun lembah anai. Karena letak nya di pinggir jalan tentu sangat lah mudah melihat secara dekat keindahan air terjun tersebut. Tidak hanya itu, jika cuaca bagus dan debit air terjun tidak terlalu deras, pengunjung bisa masuk ke areal air terjun untuk bermandi ataupun berbedam yang dikenakan biaya masuk namun tidak terlau menguras kantong.
 
Hutan lembah anai
 
        Namun, siapa sangka di balik keindahan air terjun lembah anai ternyata terdapat beberapa air terjun yang tidak kalah indahnya yang masih disekitaran kawasan tersebut. Dengan menyusuri air yang bermuara ke air terjun lembah anai, kita dapat menemukan beberapa air terjun bak surga tersembunyi. Nama air terjun tersebut air terjun katumanggungan dan air terjun proklamator.
        Pada kesempatan kali ini kami berkesempatan menyusuri hutan lebat lembah anai menju ke air terjun yang tersembunyi tersebut. Dengan beranggotakan 11 orang kami melakukan titik kumpu atau starting point di dekat kawasan pemandian mega mendung dan gerbang masuk kedalam kawasan tersebut dinamakan gerbang mega mendung, kita bisa menemukan plank atau bacaannya di pinggir jalan kawasan tersebut. Tidak hanya itu gerbang tersebut juga merupakan salah satu jalur pendakian para pendaki yang akan menuju gunung tandikek.
 
 
Air terjun katumanggungan 
 
Perjalanan kami mulai sekitar jam 10.30 dimana semuanya telah siap baik logistik seperti air minum, makanan, serta matras. Dipandu dengan 2 orang penunjuk jalan yang berasal dari siswa sispala dari salah satu sekolah negeri di kota Padangpanjang, waktu tempuh kira 40 menit menuju lokasi, medan yang penuh dengan tanjakan serta rimbun nya hutan membuat kami berhati-hati, apalagi ditambah dengan akar-akar pohon yang melintang menambah kehati-hatian agar tidak kesandung yang berakibat terperosok ke jurang. Perjalanan yang lelah akan terobati dengan gemercik air yang jatuh kebawah. Air terjun yang pertama kami singgahi ialah air terjun katumanggungan.
 
 
Air terjun proklamator
 
          Tidak jauh dari air terjun katumanggungan tersebut, kita akan sampai di air terjun proklamator, terdapat beberapa aliran air terjun di tempat ini, tempat yang sangat cocok untuk menikmati damainya alama dan suara aliran yang jatuh kebawa sejenak menenangkan pikiran kita. Perjalanan trekking ke air terjun proklamator ini sangat memberikan tantangan tersendiri dan akhir nya kita menikmati keindahan yang indah ini.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.