Jam Gadang Bukittinggi, Ikonya Kota Wisata

    Bukittinggi merupakan salah satu kota tujuan wisata yang ada di provinsi Sumatera Barat. Karena selalu menjadi tujuan wisata maka kota Bukittinggi juga dijuluki sebagai kota wisata. Siapapun wisatawan yang berkunjung ke provinsi Sumatera Barat tidak akan lengkap rasanya apabila belum mengunjungi kota ini. Di kota Bukittinggi tentunya banyak terdapat tempat-tempat objek wisata yang mesti dikunjungi. Tidak hanya tempat wisata, di kota ini juga terkenal dengan banyaknya berbagai makanan tradisional yang pasti rasanya enak. Kalau mengunjungi kota Bukittinggi ini, tempat yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan ialah jam gadang. Jam gadang ini juga menjadi ikon pariwisata dari kota Bukittinggi.

Jam Gadang Bukittinggi, Ikonya Kota Wisata

Jam gadang Bukittinggi

    Jam gadang sendiri merupakan sebuah menara jam yang besar yang tingginya kira-kira mencapai 26 meter. Di puncak menara terdapat jam besar yang menempel di keempat sisi puncak dari menara tersebut. Berdasarkan sejarahnya, jam gadang ini sudah ada semenjak pemerintahan hindia belanda di tanah air. Jam ini merupakan sebuah hadiah yang diberikan ratu belanda kala itu untuk pemerintahan hindia belanda yang berada di Bukittinggi. Dalam perjalanan panjangnya, jam gadang ini juga mengalami beberapa kali perubahan bentuk atap menara hingga saat ini bentuk menara jam gadang berbentuk atap gojong atau atap rumah adat Minangkabau.

    Jam gadang ini berlokasi di kawasan pasar atas Bukittingi. Lokasinya yang berada tepat di pusat kota membuat jam gadang ini sangat mudah untuk dikunjungi. Para wisatawan tidak akan susah mencari lokasi dimana jam gadang ini berada. Wisatawan tinggal menuju arah petunjuk jalan menuju pusat kota maka akan menemukan taman yang di tengahnya terdapat jam gadang. Lokasi jam gadang ini juga berada di dataran yang tinggi sehingga dari kawasan jam gadang ini kita dapat memandang sekitaran pusat kota Bukittingi. Selain itu, jika cuaca cerah maka dari Kawasan jam gadang ini pengunjung juga dapat melihat indahnya gunung marapi dan gunung singgalang.

Jam Gadang Bukittinggi, Ikonya Kota Wisata

Pemandanga kota Bukittinggi dari taman jam gadang

    Kawasan jam gadang sendiri juga sudah mengalami beberapa kali renovasi. Terahkir kali di renovasi pada tahun 2018 dan dibuka Kembali di tahun 2019. Wajah kawasan jam gadang ini sudah saat bagus dan tertata. Kawasan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti toilet dan mushala. Selain itu kawaan jam gadang ini juga terdapat taman-taman kecil disekelilingi jam gadang serta adanya kolam air mancur di beberapa sudut kawasan ini. Untuk soal makanan dikawasan jam gadang ini banyak terdapat penjual makanan ringan maupun café dan restoran.

    Jadi, Kawasan jam gadang ini sangat cocok dikunjungi oleh para wisatawan. Disini kita dapat melihat menara jam gadang dan pemandangan kota Bukittinggi serta gunung marapi dan singgalang. Tempat ini juga sangat cocok dikunjungi pada sore hari. Sebab menjelang malam suasana akan bertambah meriah ketika lampu-lampu jam gadang dan disekitaran kawasan menyala.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.