Melihat Kota Sawahlunto Dari Puncak Cemara

    Kota Sawahlunto merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Sumatera Barat. Kota ini merupakan kota yang memiliki sejarah panjang dalam perjalananya. Sebab kota Sawahlunto ini dahulunya juga merupakan pusat tambang batubara di Sumatera Barat yang dikuasai oleh penjajah belanda ketika itu. Dengan sejarah panjang tersebut, saat ini kota Sawahlunto telah menjadi tujuan wisata sejarah dikarenakan banyaknya bangunan-bangunan peninggalan Belanda serta lubang tambang bekas galian batubara.

Melihat Kota Sawahlunto Dari Puncak Cemara
Puncak cemara kota Sawahlunto

    Selain sisa-sisa lubang tambang batubara dan bangunan bekas peninggalan Belanda yang menjadi tujuan wisata di kota ini, disini juga terdapat wisata pemandangan alam yang bernama puncak cemara. dari puncak ini kita dapat melihat dengan jelas seluruh kota Sawahlunto yang dikelilingi oleh bukit. Dahulunya kawasan puncak cemara ini juga merupakan bagian dari tambang batubara, sebab tidak jauah dari puncak cemara ini kita masih dapat melihat lubang tambang. Menurut warga sekitar lubang yang berada di kawasan puncak cemara ini terhubung ke pusat kota yang dahulunya tentu berfungsi sebagai jalur angkut batubara dari kawasan ini ke pusat pengumpulan yang berada di tengah kota.

    Saat ini untuk menuju ke puncak cemara ini sangat lah mudah. jalan akses ke sana cukup mulus dan lebar. namun pengunjung yang mengendarai kendaraan tentunya harus lebih hati-hati sebab kita akan menuju ke sebuah puncak yang pastinya jalanan akan menanjak. tidak hanya itu, di beberapa titik ada tikungan tajam serta bahu jalan yang dekat dengan jurang. jadi harus lebih berhati-hati ya kalau bawa kendaraan kesini. karena lokasi puncak cemara ini tidak berada persisi dipusat kota alias berada di pinggiran kota maka tidak ada angkutan umum untuk menuju ke objek wisata ini. pengunjung munkin bisa menyewa jasa ojek untuk kesini namun lebih disarankan dengan kendaraan pribadi atau carteran untuk mengunjungi objek wisata ouncak cemara ini.

    Tiket untuk masuk ke objek wisata ini tidak lah mahal. hanya Rp 6000 per orang plus ditambah dengan  dengan parkir kendaraan roda dua Rp 2000 dan roda empat sekitar Rp 4000. harga yang tidak mahal untuk menikmati keindahan alam dan kota sawahlunto. fasilitas yang disediakan di objek wisata puncak cemara ini terbilang cukup lengkap diantaranya ialah toilet, mushola, pondok-pondok kecil atau gazebo untuk istirahat, serta yang tak kalan pentingnya spot-spot foto  yang di tata sedemikian rupa agar hasil foto yang diambil oleh pengunjung sangat-sangat instragamable. Selain itu di puncak cemara ini juga terdapat taman kecil atau taman mini untuk tempat bermain anak-anak.

Melihat Kota Sawahlunto Dari Puncak Cemara
Pemandangan kota Sawahlunto dari pucak cemara

    Seperti yang disebutkan diatas tadi, keistimewaan puncak cemara ini ialah pemandangannya yang indah. kita seolah-olah melihat keberadaan kota Sawahlunto seperti kota ditengan kuali. kenapa demikian, sebab kota tersebut terletak di tengah-tengah lembah yang mana disekelilingnya terdapat bukit-bukit yang cukup tinggi. Untuk menikmati pemandangan dari puncak cemara ini sebaiknya di waktu pagi hari ketika matahari belum terlalu tinggi. kalau kita disini pada siang hari maka suasanana agak terasa cukup panas karena kota ini merupakan kota tambang batubara. kalau tidak mau siang hari, waktu yang tepat lainnya berkunjung kesini ialah pada malam hari. kadang kala lokasi ini juga masih buka pada malam hari. sebab pada malam hari kita dapat melihat indahnya lampu-lampu kota Sawahluto yang terah ditengah-tengah hutan yang kelam.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.