Air Terjun Lembah Anai, Primadonanya Air Terjun di Sumatra Barat

Provinsi Sumatra Barat memiliki banyak pesona ait terjun yang indah. Diantara banyaknya air terjun yang ada di ranah minang ini, air terjun lembah anai dapat disebut sebagai air terjun yang paling terkenal di provinsi ini atau disebut juga primadonya air terjun. Masyarakat sekitar atau masyarakat asli Sumatra Barat menyebut nama lain dari air terjun lembah anai ini dengan sebutan aia mancua. Dalam Bahasa Minangkabau arti dari aia mancua tersebut diartikan sebagai air yang jatuh deras dari atas tebing yang tinggi.

Air terjun lembah anai

Air terjun lembah anai ini berasal dari aliran sumber air yang berasal dari pegunungan disekitar kawasan lembah anai. Kala cuaca cerah air yang mengalir dan jatuh dari tebing tampak sangat-sangat jernih. Lokasi air terjun ini yang berada di kaki gunung tandikat membuat suasananya terasa asri. Hawa sejuk khas pegunungan dapat dirasakan disini. Tidak jarang kawasan lembah anai tempat air terjun ini selalu diselimuti awan, jarang sekali kita melihat langit biru. Suasan kawasan yang berhawa dingin ditambah dengan kabut-kabut tipis di jam-jam teretentu membuat pengunjung yang berkunjung ke air terjun lembah anai ini akan terkagum. Sedangkan kalau cuaca cerah dan langit tampak biru tentunya ini momen yang sangat langka di kawasan lembah anai ini dan ini tentunya menjadikan objek wisata air terjun lembah anai ini menjadi tambah eksotis.

Pintu masuk ke objek wisata air terjun lembah anai

Air terjun lembah anai atau aia mancua ini lebih tepat nya berada di Kecamatan X koto dan masuk ke dalam wilayah Kabupaten Tanah Datar. Namun banyak orang menyebut lokasinya berada di Padangpanjang karena lokasinya yg juga tidak jauh dari batas kota dari Kota Padangpajang. Keberadaan air terjun lembah anai ini sangat strategis karena berada di jalan lintas utama yang menghubungkan Kota Padang dengan beberapa kota terkenal di Sumatra Barat seperti Padangpanjang, Bukittinggi, Batusangkar, dan Payakumbuh. Berada sangat persis dipinggir jalan raya membuat siapapun yang melihat akan terkagum. Selain itu lokasi yang sangat mudah dicapai membuat objek wisata air terjun lembah anai ini tidak pernah sepi pengunjung. Setiap hari ada pengunjung yang datang bahkan di akhir pekan apalagi di musim-musim liburan, lokasi ini diramaikan oleh para wisatawan.

Air terjun lembah anai memiliki air yang jernih

Untuk melihat air terjun ini secara lebih dekat, pengunjung hanya perlu membayar Rp 5000 untuk orang dewasa dan Rp 3000. Setelah membeli tiket masuk, pengunjung akan menaiki beberapa anak tangga. Hanya beberapa meter setelah nya pengunjung langsung sampai tepat di bawah aliran air terjun. Hembusan air yang jatuh dari tebing menciptakan hawa yang sangat sejuk terasa jika mengenai kulit kita. Air terjun yan jatuh juga membentuk sebuah kolah yang kecil yang bisa dimanfaatkan untuk mandi-mandi oleh pengunjung. Namun untuk mandi di bawah aliran air terjun ini hendaklah memperhatikan cuaca dan debit air, jika hari hujan atau debit air sedang besar maka tidak disarankan untuk mendekat ke air terjun tersebut. Terdpat juga pedangan kaki lima disekitar air terjun ini. Mereka menjajakan makanan ringan, gorengan, yang memiliki tarif bawah Rp1.000 per gorengan. Terdapat juga pedagang cedramata yang dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp5.000 tergantung bentuk dan ukurannya.

Lokasi air terjun lembah anai yang persis dekat dengan jalan raya

Bagi yang ingin menikmati air terjun ini dengan berlama-lama plus menikmati keindahan lembah anai ini jangan khawatir untuk penginapan. Hanya beberapa meter dari air terjun ini terdapat Keisha Homestay. Mungkin ini satu-satunya homestay yang berada dekat dengan air terjun lembah anai ini. Tarif satu malam menginap disini juga terbilang murah yakninya berkisar antara Rp200.000 hingga Rp300.000 permalam.

Jadi jika teman-teman ke Sumatra Barat jangan lupa singgah ke air terjun lembah anai ini, air terjun yang sangat terkenal di Sumatra Barat bahkan bisa disebut juga dengan primadonanya air terjun di Sumbar.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.