Pantai Gandoriah, Pantai nan Indah di Pusat Kota Pariaman

Kota Pariaman merupakan salah satu kota yang berada di pesisir pantai barat Sumatra Barat. Kota yang berada di sebelah utara Kota Padang ini juga terkenal dengan keindahan pantai-pantainya. Cukup banyak pantai-pantai di Pariaman ini yang indah yang pantas untuk dikunjungi. Tak hayal setiap liburan maupun akhir pekan wisatawan yang berkunjung ke Kota Pariaman tidak pernah sepi.


Akses dan lokasi
Salah satu pantai yang terkenal dan menjadi primadonanya pariwisata Kota Pariaman adalah pantai gandoriah. Pantai yang berada di pusat kota dan dekat dengan pasar pusat Pariaman serta akses yang mudah menuju kesana membuat pantai ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Apalagi ditambah dengan terdapatnya stasiun kereta api Pariaman yang berada hanya beberapa meter dari pantai gandoriah tentunya membuat akses menuju ke objek wisata ini cukup lancar. Stasiun kereta api ini melayani rute perjalanan kereta dari Pariaman ke Kota Padang setiap hari.


Pantai ini lebih tepatnya berlokasi di jalan Nasri Nasar Komplek Wisata Gandoriah Kelurahan Pasir Kecamatan Pariaman Tengah Kota Pariaman Provinsi Sumatera Barat. Keberadaan pantai yang terletak di pusat kota ini membuat pengunjung tidak akan kesulitan menuju lokasi. Hanya berjarak 100 meter dai pasar Kota Pariaman, tentunya menuju ke pantai ini dapat di tempuh dengan berjalan kaki saja. Namun bagi yang berangkat dari Kota Padang, disarankan untuk menggunakan transportasi kereta api karena nyaman dan cepat sampai tujuan tanpa terjebak macet, yang lebih nya lagi ongkos dengan kereta api dari stasiun Padang ke stasiun Pariaman hanya dengan tarif Rp 5.000. cukup murah kan.

Aktivitas yang dapat dilakukan
Di pantai gandoriah ini pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas selain hanya menikmati deburan ombak pantai yang saling bergelut. Aktivitas tersebut diantaranya berenang, bermain pasir, bersepeda di pinggiran pantai, serta bagi keluarga juga tersedia wahana permianan untuk anak-anak berupa kereta odong-odong dan juga bermain laying-layang. Aktivitas yang tak kala seru lainnya jika berkunjung ke pantai gandoriah ini adalah wisata jelajah pulau. Tepat di depan pantai ini terlihat jelas pulau dengan nama pulau angso duo. Pengunjung dapat menyeberang ke pulau tersebut dengan tarif berkisar Rp 25.000 – Rp 35.000 pulang pergi dengan menaiki kapal motor dari dermaga pantai gandoriah. Di pulau tersebut pengujung akan dimanjakan dengan pasir putih nan cantik serta air pantainya yang jernih.


Adanya festival tabuik
Pantai gandoriah ini juga merupakan pusat kegiatan atau festival tahunan masyarakat Pariaman yang disebut dengan festival tabuik. Festival tabuik ini sudah ada sejak zaman dahulu nan masih dilestarikan sampai sekarang. Bahkan kegiatan ini menjadi salah satu kalender event pariwisata yang ada di Sumatra Barat. Kegiatannya berlangsung dari tanggal 1 Muharram dalam kalender islam dan puncak nya akan berlangsung pada tanggal 10 Muharram. Di hari puncak inilah kegiatan festival tabuik diselenggarakan di pantai gandoriah. Dipastikan ketika itu banyak pengujung yang akan berdatangan ke pantai gandoriah, tak hanya masyarakat lokal, luar kota, luar provinsi, bahkan turis asing pun akan datang melihat festival tahunan ini. Dapat dikatakan ketika itu pantai gandoriah akan menjadi pantai dengan lautan manusia.


Makanan dan penginapan
Jika lelah bermain di pantai ini maka beristirahatlah di tenda-tenda yang disediakan penjual di pantai gandoriah. Menu yang biasa dijual tentunya jus buah, es, pop mie, dan yang paling banyak dijual atau yang paling dinikmati tentunya air kelapa muda. Untuk harga tentu terjangkau seperti layaknya warung-warung yang lain. Satu buah kelapa dihargai sekitar Rp 10.000 – Rp 15.000. untuk makan berat tentunya pasti ada, yakninya nasi sek, nasi khas dari pantai gandoriah pariaman dengan harga Rp 17.000 satu porsi. Lokasi pantai yang strategis ini tentunya diimbangi juga dengan terdapatnya pilihan penginapan untuk menginap, diantaranya di Hotel Syafia, Hotel nan Tongga, Hotel Almadinah Syariah dengan tarif Rp 200.000 -Rp 350.000 pe malamnya.


Rekomendasi 
Bagi teman-teman yang ingin mengunjungi pantai yang indah dan nyaman ini dapat berkunjung ke pantai gandoriah pariaman. Letak yang strategis, akses yang mudah, dan dapat menikmati sensasi menyeberang ke pulau angso duo pulang pergi. Selain itu, bagi yang ingin melihat festival tahunan yakninya festival tabuik maka dapat mengunjungi pantai gandoriah ini pada tanggal 10 Muharram dalam kalender islam.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.