Merayakan Hari Jadi Blogger Bukittinggi di Ngarai Sianok

Komunitas blogger Bukittinggi merupakan sebuah perkumpulan sebuah perkumpulan atau wadah yang bergerak bersama-sama dalam dalam bidang literasi yang berada di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Perkumpulan blogger Bukittinggi ini lahir atau dibentuk di tahun 2019 silam. Perjalanan komunitas dari tahun 2019 telah mengantarkan blogger Bukittinggi pada hari jadinya yang ke empat tahun di tahun 2023 ini. Dengan semangat yang tulus akan dunia literasi yang bermanfaat bagi semua orang maka sejumlah anggota komunitas blogger Bukittinggi melakukan temu ramah antar sesama anggota serta merayakan hari jadinya yang ke-4 yang bertempat di salah satu objek wisata populer di Kota Bukittinggi, ngarai sianok.

Foto bersama komunitas blogger Bukittinggi
(Foto oleh: Adhmi f Ivan)

Sejarah lahirnya blogger Bukittinggi

Komunitas blogger Bukittinggi terbentuk pada tanggal 13 November 2019. lahir dari persamaan visi dan misi dalam menggiatkan budaya literasi. Budaya literasi baik itu membaca dan menulis sangat-sangatlah dibutuhkan pada masa sekarang ini, terlebih di era semua serba digital. Literasi dapat meningkatkan budaya baca yang baik dan benar serta menjadi gerbang akan luasnya dunia ilmu pengetahuan. Budaya literasi yang tinggi juga dapat menghindari diri kita dari berita yang tidak benar yang mudah sekali muncul saat ini. Atas dasar inilah, beberapa orang penggiat literasi Bukittinggi membentuk sebuah komunitas, yakninya komunitas blogger Bukittinggi.


Perbincangan tentang sejarah dan aktivitas komunitas
(Foto oleh: Adhmi f Ivan)

Perjalanan 4 tahun blogger Bukittinggi

Dalam perjalanan 4 tahun ini, blogger Bukittinggi telah menyelenggarakan berbagai kegiatan, baik itu kegiatan internal komunitas maupun kegiatan eksternal yang bekerja sama dengan pihak lain. Kegiatan internal komunitas ditujukan untuk membangun blogger Bukittinggi agar tetap aktif, kegiatan tersebut diantaranya menyelenggarakan kelas blog, kopdar, menulis bersama, serta kegiatan temu ramah di hari jadinya blogger Bukittinggi yan ke-4. Selain itu, di tahun lalu komunitas blogger Bukittinggi diundang dalam “grand opening” salah satu restoran cepat saji Hokben yang membuka cabangnya di Plaza Ramayana Bukittinggi. Kegiatan-kegiatan yang dijalani tersebut menunjukkan eksistensi para pegiat literasi di Kota Bukittinggi dalam hal ini blogger Bukittinggi.


Hari jadi blogger Bukittinggi dirayakan di ngarai sianok

Ngarai sianok yang merupakan salah satu objek wisata ternama di Kota Bukittinggi dipilih sebagai tempat perayaan hari jadi blogger Bukittinggi yang ke-4. Dalam kesempatan tersebut beberapa anggota hadir dengan suka cita. Dilatarbelakangi profesi yang berbeda-beda satu sama lainnya tidak menjadi halangan dalam berbagai ilmu dan pengetahuan antar sesama anggota. Kegiatan hari jadi ini diawali dengan pemaparan tentang blogger Bukittinggi oleh Uda Kim, beliau bercerita mulai dari sejarah terbentuk, perkenalan anggota, kegiatan yang dilaksanakan serta rencana kegiatan di masa mendatang.


Keindahan tebing ngarai sianok, lokasi perayaan hari jadi blogger Bukittinggi
(Foto oleh: Adhmi f Ivan)

Berbagi ilmu tentang blog

Salah satu perihal yang penting dari kegiatan hari jadi blogger Bukittinggi ini adalah berbagi ilmu tentang blog. Antar sesama anggota saling bertukar ide dan pikiran dalam membangun sebuah blog yang baik. Blog yang baik tentu nantinya akan menarik minat pembaca serta menyajikan informasi yang tepat. Informasi serta pengelolaan blog yang tempat seperti tata letak, template blog, serta penggunaan domain merupakan hal-hal yang harus dipelajari. Maka pertemuan dan berbagi ilmu antar sesama anggota sangatlah dibutuhkan.


Berbincang, berbagi pengalaman antar sesama anggota blogger Bukittinggi.
(Foto oleh: Adhmi f Ivan)

Empat tahun perjalanan Blogger Bukittinggi membuat komunitas ini terus tumbuh dan berkembang. Semoga kedepannya komunitas blogger Bukittinggi terus mempertahankan eksistensinya dalam memberdayakan dunia literasi di tengah-tengah masyarakat. Bagi teman-teman yang berada di Kota Bukittinggi dan sekitarnya yang tertarik dengan dunia literasi atau dunia blog bisa bergabung dalam berbagai kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan blogger Bukittinggi. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi akun instagram blogger Bukittinggi di @bloggerbukititinggi. 


Terima kasih kepada pihak sponsor: Klinik Zeifira dan Jupp advertaising

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.