Festival Pesona Minangkabau, Puncak dari Satu Nagari Satu Event

Festival Pesona Minangkabau adalah salah satu pergelaran pertunjukan budaya yang terbesar di Sumatra Barat. Festival ini diadakan di Istano Basa Pagaruyung, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Kegiatan ini juga masuk dalam Kalender Event Nusantara (KEN) dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Digelarnya Festival Pesona Minangkabau ini bertujuan untuk melestarikan nilai-nilai budaya minangkabau serta mempromosikan pesona wisata dan budaya di Tanah Datar sehingga nantinya dapat menarik wisatawan yang lebih banyak untuk berkunjung ke wilayah Sumatra Barat pada umumnya.
Tarian kolosal di Festival Pesona Minangkabau
(Foto oleh Adhmi)

Arena festival
Pada tahun 2023 ini festival tersebut berlangsung 4 hari, mulai dari tanggal 7 hingga 10 Desember 2023. Sama sepeti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan utama dari festival ini di pusatkan di Istano Basa Pagaruyung. Selain itu terdapat juga arena atau tempat lainnya dimana dilangsungkannya event festival ini, seperti di lapangan cinduo mato batusangkar, istano silinduang bulan, gedung maharajo di rajo, serta area persawahan di Nagari Padang Laweh sebagai arena kegiatan pacu jawi yang juga masuk dalam rangkaian agenda Festival Pesona Minangkabau.
Atraksi pacu jawi
(Foto oleh Adhmi)

Pergelaran seni dan kebudayaan
Selama 4 hari kegiatan berlangusng, masyarakat Tanah Datar dan sekitarnya serta para wisatawan yang berkunjung akan dimanjakan dengan rangkaian kegiatan dan pertunjukan seni. Pergelaran yang ditampilkan diantaranya, pawai budaya, seni tarian tradisional, pameran songket, pameran benda-benda pusaka, permainan anak nagari, dan yang paling ditunggu tentunya penampilan kesenian tari khas masing-masing daerah di Kabupaten Tanah Datar yang sebelumnya ditampilkan di setiap event nagari sepanjang tahun 2023. Selain itu, tidak hanya kesenian daerah Sumatra Barat saja yang ditampilkan melainkan juga terdapat undangan atau partisipasi dari daerah lain, salah satunya kesenian Jawa Tengah  yang ikut meramaikan Festival Pesona Minangkabau.
Penampilan kesenian daerah
(Foto oleh Adhmi)

Pameran UMKM dan lomba fotografi
Dalam festival ini juga terdapat pameran UMKM, dimana setiap kecamatan yang terdapat di Kabupaten Tanah Datar memiliki potensi usaha kecl dan menengah yang beragam. Hal ini tentu merupakan ajang pagi pelaku ekonomi untuk lebih mempromosikan hasil kerajinan dan usaha mereka. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan ajang bagi pelaku seni kreatif dalam bidang fotografi dalam berkarya karena selama kegiatan berlangung para fotorafer dapat mengambil moment yang terbaik agar dapat diikutsertakan dalam lomba fotografi Festival Pesona Minangkabau. Bagi para fotografer, selain perombaan, tentunya ajang ini menjadi ajang silaturahmi para pegiat fotografi yang datang dari berbagai wilayah untuk menyaksikan kegiatan ini.
Penutupan Festival Pesona Minangkabau oleh Bupati Tanah Datar
(Foto oleh Adhmi)

Festival Pesona Minangkabau 2023 berjalan sukses. Rangkaian kegiatannya berjalanan dengan lancar meski berlangusng dalam situasi cuaca yang tidak menentu, kadang panas dan tiba-tiba datang hujan. namun hal tersebut tidak menyurutkan antusiame masyarakata untuk menyaksikan festival tersebut. Pada akhirnya Festival Pesona Minangkabau 2023 ditutup oleh Bapak Bupati Tanah Datar, Eka Putra, di sore hari pada tanggal 10 Desember 2023 sekaligus puncak dari kegiatan satu nagari satu event Kabupaten Tanah Datar. Masyarakat berharap kegaitan serupa akan digelar kembali ditahun depan termasuk satu nagari satu event Kabupaten Tanah Datar.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.