Bukit Nobita, Tempat Menikmati Pemandangan Kota Padang

Kota Padang ternyata memiliki sebuah tempat wisata yang menyajikan pemandangan yang indah. Disini pengunjung dapat melihat hamparan luas Kota Padang. Tempat wisata ini bernama bukit nobita. Sebenarnya nama lokasi ini ialah bukit batu jarang namun sekarang lebih dikenal dengan nama bukit nobita. Entah dari mana dan siapa yang pertama kali menyebut tempat ini dengan bukit nobita. Kalau kita kaitkan dengan serial kartun Doraemon dan Nobita dimana di film tersebut terdapat sebuah bukit yang berada di belakang sekolah nobita. Bukit tersebut juga dijadikan tempat bermain Nobita dengan teman-temannya dan dari sana tampak terlihat jelas kota dimana tempat Nobita tinggal. Kesamaan suasana melihat kota dari sebuah bukit inilah yang mungkin menjadi alasan kenapa tempat wisata ini dinamakan wisata bukit nobita.
Bukit nobita
(Foto oleh Adhmi)

Lokasi
Lokasi tempat wisata ini lebih tepatnya berada di Kelurahan Kampung Jua, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang. Lokasi ini dapat di tempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan carteran atau online. Untuk kendaraan umum tidak ada yang melintasi lokasi ini karena berada di perkampungan. Bagi yang berangkat dari pusat Kota Padang dapat menuju jalan Dr. Sutomo atau mengarah ke kampus UPI YPTK yang kemudian akan menemukan simpang empat bypass. Lalu kemudian belok kanan. Sekitar 800 meter setelahnya ambil belok kanan dengan jalanan yang agak sedikit kecil. Kemudian terus saja menuju ke SDN 27 Kampung Jua. Tidak jauh dari SD tersebut kita akan menemukan spanduk selamat datang dan tempat parkiran kendaraaan.
Gerbang memasuki kawasan bukit
(Foto oleh Adhmi)

Biaya
Tidak ada tiket masuk khusus untuk menuju ke bukit nobita ini. Hanya saja pengunjung membayar Rp5.000 per kendaraan di parkiran. Namun jangan takut, kendaraan pengunjung dijaga baik oleh warga dan warga setempat yang mengelola tempat tersebut sangat ramah-ramah kepada pengunjung. Objek wisata bukit nobita ini buka dari dari pagi hari hingga pukul 22.00 wib. Tentunya pengunjung harus mentaati beberapa aturan yang berlaku agar dapat menjaga keamanan, tata tertib, dan kesopanan di saat mendaki bukit maupun ketika berada di atas bukit.

Pemandangan dan suasana
Bukit nobita ini memiliki ketinggian sekitar 500 meter diatas permukaan laut. Untuk berjalan mendaki ke atas bukit dibutuhkan waktu sekitar 15 hingga 20 menit. Ketika pengunjung baru melangkahkan kaki dari parkiran, pengunjung langsung dihadapkan dengan pendakian yang memiliki kemiringan 45 derajat. Jalanan menuju ke atas bukit ialah jalanan tanah dan sedikit berbatu-batu. Jadi pengujung harus berhati-hati ketika melangkah, apalagi ketika habis hujan tentu jalanan tadi menjadi licin. Dikiri dan kanan jalan ditumbuhi oleh pohon-pohon kayu, pohon bambu, serta rumput-rumput liar. Beberapa meter dari puncak tidak terdapat banyak pohon sehingga kita sudah dapat melihat pemandangan Kota Padang. Barulah kalau pengunjung sudah sampai di puncak maka akan dapat melihat pemandangan kota Padang secara keseluruhan, dan juga tampak pantai pandang di sebelah barat.
Beberapa pengunjung sedang berjalan menuju ke atas bukit
(Foto oleh Adhmi)

Di atas bukit juga terdapat warung atau kafe yang menyajikan makanan, minuman, dan cemilan seperti nasi goreng, mie rebus, jus, kopi, teh, kentang goreng. Untuk harga tentunya sangat terjangkau atau sama seperti warung kebiasaan. Untuk makanan berkisar Rp10.000- Rp.15.000 dan minuman berkisar Rp5.000 – Rp10.000. warung atau kafe ini cukup unik yaitunya berbentuk ujung kapal yang mana dijadikan spot utama berfoto dengan latar belakang kota padang. Sore hari atau menjelang malam merupakan waktu yang baik berada di atas bukit nobita sebab pengunjung akan disuguhi gemerlap lampu-lampu kota yang membuat kota padang menjadi terang dimalam hari. Disini juga terdapat toilet dan mushola yang dapat dimanfaatkan pengujung untuk beribadah ketika waktu magrib tiba.
Suasana malam di atas bukit
(Foto oleh Adhmi)

Jadi, objek wisata bukit nobita ini menjadi salah satu tempat wisata alternatif di Kota Padang. Bagi teman-teman yang ingin menikmati pemandangan kota padang dari ketinggina maka tempat ini sangat cocok. Waktu yang cocok berkunjung kesini tentunya pada sore hari, jika cuaca cerah pengujung dapat melihat sunset di pantai barat padang dan setelah sunset berakhit kita akan dimanjakan indahnya lampu-lampu kota padang yang terang di kala hari sudah gelap.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.