Kafe Keju Lasi Mozzarella. Integrasi Peternakan Sapi Menjadi Kafe

Apa yang terpikir dalam pikiran kita mendengar adanya kafe di dalam peternakan sapi. Tentunya hal ini merupakan salah satu hal yang baru. Hal tersebut dapat ditemukan di kafe keju mozzarella, Nagari Lasi, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Sebelum adanya kafe, lokasi ini merupakan tempat peternakan dan pengolahan sapi perah. Usaha peternakan sapi perah ini sudah dimulai sejak tahun 2018. Lahirnya peternakan sapi ini awalnya guna mengatasi sulitnya pengembangan susu segar yang ada di wilayah Sumatra Barat. Hasil susu yang berasal dari perahan susu tersebut kemudian diolah menjadi keju. Susu sapi yang sudah diolah menjadi keju tersebut tentunya dapat memperpanjang umur produk tersebut. Keju-keju tersebut bahkan dipasarkan keluar daerah seperti ke Provinsi Riau dan Provinsi Sumatra Utara.
Kafe keju lasi berlatar gunung marapi
(Foto oleh Adhmi)

Lokasi
Di tahun 2019, peternakan sapi ini kemudian berkembang dengan hardirnya sebuah kafe di kawasan peternakan tersebut dengan nama kafe keju lasi mozarela. Tentunya ini menjadi salah satu tempat yang patut dikunjungi untuk menikmati olahan susu sapi segar langsung dari peternakannya. Lebih tepatnya, lokasi kafe ini berada di Jalan Lasi Tuo, Nagari Lasi, Canduang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Nagari lasi sendiri berada di kaki gunung marapi Sumatra Barat. Kalau teman berisik dari arah Kota Bukittinggi maka untuk menuju lokasi ini dibutuhkan waktu lebih kurang 30 menit. Untuk menuju kesana hanya dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau sewa kendaraan/ojek. Jikalau teman-teman dari Bukitinggi maka mengambil arah jalan ke Payakumbuh dan kemudian belok kanan di simpang empat Tanjung Alam. Kemudian belok kiri sesudah SMKN 1 Canduang. Kemudian belok kanan didepan masjid Nurul Ikhlas Lasi. Dari sini bisa lurus saja sampai ketemu papan nama peternakan dan kafe keju lasi mozzarella.
Pemandangan alam di kafe keju lasi
(Foto oleh Adhmi)

Menikmati suasana
Kafe keju lasi mozarela tentunya memiliki kelebihan tersendiri. Satu kawasan dengan lokasi peternakan sapi, pengunjung pastinya dapat menikmati berbagai olahan susu sapi segar. Selain itu pengunjung juga dapat melihat proses pemerahan susu sapi, berkeliling kadang sapi, melihat sapi-sapi dimandikan dan bahkan juga dapat memberi makan sapi secara langsung. Jumlah sapi yang terdapat di peternakan ini lebih kurang 50 ekor sapi. Daya Tarik lainnya dari kafe keju lasi mozarela ini ialah lokasinya. Lokasinya yang dapat dikatakan berada di pinggangnya gunung marapi membuat suasana pedesaannya terasa kental. Udara sejuk dan suasana yang jauh dari hiruk pikuk kendaraan membuat kita benar-benar menikmati alam dengan ditemani minuman susu atau keju. Jikalau cuaca cerah tentunya pengunjung dapat melihat pesona gunung marapi yang begitu sangat dekat. Tak hanya itu, dari kejauhan juga tampak gunung singgalang beserta hamparan persawahan.
Suasan kafe menyatu dengan peternakan sapi
(Foto oleh Adhmi)

Jadwal berkunjungan
Kafe keju lasi mozarela ini tentunya meyajikan produk olahan susu dan keju tanpa menggunakan bahan kimia. Kafe ini buka setiap hari mulai dari puku 09.00 wib dan tutup pada pukul 18.00 wib. Harga dari olahan susu sapi ini tidak begitu mahal. Harga susu sapi murni pergelas nya hanya Rp.8.000 dan untuk satu gelas yogurt melon mozarela hanya dengan harga Rp.10.000, sert berbagai olahan susu lainnya. Selain minuman dengan olahan susu dan keju, kafe ini juga menyedian makana cemilan berupa kentang goreng, mie goreng, mie gelas, dan lainnya yang harganya berkisar Rp 10.000 hingga Rp.20.000 serta olahan daging steak yang dihargai Rp.25.000.
Pengunjung dapat melihat dari dekat sapi yang siap diperah
(Foto oleh Adhmi)

Jadi, kafe keju lasi mozzarela ini merupakan tempat yang sangat rekomendasi bahkan juga dijadikan tujuan wisata, sebab selain dapat menikmati susu sapi asli dan segar pengunjung juga dapat berinteraksi dengan sapi perahan tersebut dengan memberinya makan dan melihat-lihat peternakan tersebut. Tentunya ini menjadi nilai lebih dan menambah pengetahuan tentang peternakan sapi dan pengolahan susu sapi tersebut. Di sisi lain lokasi kafe in sangat indah karena pengunjung dapat melihat gunung marapi secara dekat dan merasakan suasana alam sekitar dengan damai yang membuat hati jadi tenang.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.