Mengenal Satwa Unggas di Kinantan Bird Park

Menambah ilmu pengetahuan dapat dilakukan diberbagai tempat. Salah satu tempatnya ialah kinantan bird park. Disini kita akan mengenal berbagai macam jenis unggas dan burung. Pengunjung bisa melihat dari dekat bentuk dan rupa dari unggas-unggas tersebut. Sebahagian unggas-unggas tersebut dilepaskan begitu saja sebab kita seolah-olah berada di dalam sebuah kandang burung yang sangat besar.
Kinantan bird park di Kota Bukittinggi
(Foto oleh Adhmi)

Kinantan bird park atau taman burung kinantan sendiri berada di dalam kompleks kebun binatang Bukittinggi. Taman burung kinantan ini memiliki luas lebih kurang 2.500-meter persegi. Dengan luas tersebut menjadikannya sebagai taman burung atau unggas yang paling luas di pulau Sumatra bahkan mungkin di Indonesia. Kalau dilihat secara sepintas seolah-olah kita diajak untuk masuk ke dalam sangkar burung yang sangat besar. Kinantan bird park ini mulai dibangun pada tahun 2018 yang lalu. Akhirnya pada tahun 2020 pembangunan taman burung terbesar ini selesai. Pada tanggal 14 September 2020, kinantan bird park ini resmi dibuka untuk umum dan langsung diresmikan pembukaanya oleh bapak wali kota Bukittinggi.
Kadang unggang yang cukup besar di kinantan bird park
(Foto oleh Adhmi)

Dengan adanya taman burung atau unggas ini tentunya akan menarik untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Selain itu, temapt juga menjadi tempat yang paling spesial di dalam kebun binatang Bukittinggi karena adanya tempat khusus untuk melihat bentuk dan akivitas dari unggas-unggas tersebut. Di taman burung atau unggas kinantan ini saat ini terdapat puluhan jenis unggas berupa burung kakak tua, itik sawah, bebek, burung pelikan dan masih banyak lagi. Untuk jumlah keseluruhan unggas yang ada saat ini diperkirakan sekitar 200-an ekor. Saat ini pihak pengelola masih terus manambah jumlah jenih unggas yang akan menghiasi taman burung kinantan ini dengan jumlah unggas keseluruhan nantinya bisa mencapai 700-an ekor. Didalam taman burung/unggas ini pengunjung akan berjalan di atas jembatan yang melintas ditengah-tengah taman. Selain itu juga teradapat air terjun buatan yang menambah keindahan taman ini. Air terjun ini menjadi spot menarik bagi para pengunjung untuk berfoto-foto. Tidak hanya itu, selain pengunjung bisa melihat jenis unggas dan medengar suara burung yang sahur menyahut, dibagian atas dari taman ini juga terdapat semacam teras untuk duduk sambil memandang kearah kota Bukittinggi.
Suasana di dalam kinantan bird park
(Foto oleh Adhmi)

Berada di dalam kebun binatang kinantan Bukittinggi yang berada di pusat kota maka tidaklah susah mencari tempat ini. Dari kota Padang, tempat ini bisa dicapai dalam waktu 2 hingga 3 jam dengan menggunakan mobil travel atau bus umum. Tarif untuk mobil travel Padang-Bukittinggi ialah Rp.50.000. keuntungannya kita dapat turun langsung di gerbang masuk ke kebun binatang Bukittinggi. Sebaliknya, untuk bus umum hanya dengan tarif Rp.20.000 namun kita akan turun di simpang jambu air dan kemudian naik angkot ke pasar atas dengan tarif Rp.3.000. sesampai di pasar atas kita akan berjalan lebih kurang 700 meter untuk sampai ke gerbang masuknya. Karena taman burung ini berada di dalam kebun binatang maka tarif masuknya sudah satu paket yakninya Rp.25.000 untuk wisatawan lokal dan Rp.40.000 untuk wisatawan asing. Pembayaran tiket masuk tentunya menggunakan uang eletronik dalam hal ini hanya bisa menggunakan e-money Brizzi dari Bank Bri. Terdapat juga penginapan yang terdekat dari lokasi diantaranya hotel amali syariah dengan tarif Rp.240.000 permalam, Amali hotel dengan tarif Rp.250.000 permalam, dan hotel singgalang indah dengan tarif Rp.230.000 permalam. Jarak lokasi taman burung kinantan dari penginapan tersebut sangatlah dekat, untuk menuju lokasi pengunjung dapat berjalan kaki saja.
Salah satu unggas di kinantan bird park
(Foto oleh Adhmi)

Jadi tunggu apa lagi, mari kunjungi kinantan bird park di Bukittinggi, taman burung terbesar yang berada di pusat kota Bukittinggi. Yang perlu jadi catatan para pengunjung yakninya dilarang makan-makan selama berada di dalam taman burung tersebut termasuk memberi satwa unggas tersebut makan. Di beberapa titik ada petugas satwa yang akan mengawasi tindakan pengunjung yang akan membahayakan satwa tersebut. Bagi para pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh dapat membelinya di depan pintu masuk dari kebun binatang binatang Bukittinggi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.