Menyantap Hidangan Nasi Kapau, Saudaranya Nasi Padang

Kalau menyantap hidangan nasi padang atau masakan padang, sebagian besar dari kita mungkin sudah pernah sebab rumah makan yang berlabel masakan padang ada dimana-mana bahkan mungkin ada di setiap sudut kota di Indonesia ini. Masakan padang yang terkenal dengan bumbu rempahnya yang mengundang selera serta lauk pauknya yang membuat selera makan akan bertambah. Jikalau teman-teman sedang berada di Sumatra Barat pastinya akan banyak menemukan rumah makan padang, namun tahukah teman-teman kalau nasi padang yang biasa kita temui di rumah makan padang ada juga ternyata varian lainnya atau lebih kerenya disebut saudaranya nasi padang.
Penjual nasi kapau di Kota Bukittinggi
(Foto oleh Adhmi)

Nagari Kapau asal nasi kapau
Saudaranya nasi padang tersebut disebut dengan nasi kapau. Nasi kapau sendiri tentunya tidak asing lagi bagi masyarakat Sumatra Barat terutama bagi orang kota Bukitinggi dan sekitarnya. Di namakan nasi kapau karena hidangan nasi ini berasal dari daerah Kapau, Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat, yang berjarak kira-kira 10 km dari kota Bukittinggi.

Nasi kapau bukan nasi padang
Walaupun nasi kapau dapat disebut sebagai saudaranya nasi padang, namun nasi kapau tersebut memiliki beberapa perbedaan yang menarik dengan nasi padang pada umumnya. Perbedaan yang dapat ditemui diantaranya ialah penjual nasinya. Penjual nasi kapau berada di tengah-tengah tamu yang akan makan dan duduk diatas tempat yang agak lebih tinggi serta penjual akan mengambilkan sendiri hidangan nasi kapau sesuai dengan permintaan pengunjung. Kemudian tata letak sabal lauk pauk, para penjual nasi kapau menaruh sambal dan lauk pauknya didalam kuali/pancin yang besar dan disusun berjejer bertingkat serapi mungkin. Selanjutnya ukuran lauk, ukuran lauk yang disajikan dalam nasi kapau ini terbilang besar apalagi jika teman-teman memilih lauknya usus atau tambusu ataupun tunjang atau kikil.
Satu piring nasi kapau
(Foto oleh Adhmi)

Bagi teman-teman yang sedang berada di kota Bukittinggi, Sumatra Barat tidak ada salahnya untuk mencoba hidangan nasi kapau tersebut. Di kota Bukittinggi sendiri terdapat tempat khusus bagi penjual nasi kapau. Nama tempatnya bernama los lambuang. Los lambuang tersebut berada dipusat kota Bukittinggi yang mana kalau kita dari pelataran jam gadang hanya berjarak 100 meter arah ke pasar bawah Bukittinggi. Tempat penjual nasi kapau ini sendiri sudah ada semenjak puluahan tahun yang lalu. Disini terdapat beberapa penjual nasi kapau yang siap menjamu para wisatawan dengan hidangan khas nasi kapaunya.

Kisaran harga
Salah satu penjual atau warung nasi kapau di los lambuang ini ialah warung nasi kapau uni lis. Disini untuk harga satu piring nasi kapau lengkap dengan lauknya dihargai dengan Rp.25.000. terdapat berbagai jenis lauk di warung nasi kapau ini diantaranya ialah ikan gulai, ayam goreng, rendang, gulai tunjang, serta yang usus sapi atau masyarakat disini menyebutnya dengan tambusu. Tambusu sendiri menjadi samabal atau lauk yang paing dicari oleh wisatawan ketika menyantap nasi kapau. Jikalau teman-teman ingin menyantap nasi kapau hanya dengan pakai telor maka dkenai harga Rp.15.000, dan jika hanya lauknya saja tanpa pakai nasi maka dihargai Rp.20.000. Untuk minuman kita bisa memesan teh es dengan harga Rp.5.000. Teh panas dengan harga Rp.4.000. Kopi dengan harga Rp.5.000, serta jeruk panas ataupun jeruk dingin dengan harga Rp.10.000. 
Usus sapi atau "tambusu" sebagai salah satu lauk pelengkap nasi kapau
(Foto oleh Adhmi)

Pada Kawasan penjual nasi kapau ini atau yang disebut dengan los lambuang juga terdapat beberapa fasilitas penunjang lainya berupa mushola dan juga toilet umum. Karena los lambuang ini berada di tengah-tengah pasar maka tidak ada tempat parkir kendaraa di dekat tempat ini. Pengunjung bisa memakirkan kendaraannya di sekitaran jam gadang atau pasar atas dan kemudian berjalan kaki menuju tempat makan nasi kapau tersebut. Jadi tunggu apa lagi kalau teman-teman sedang berwisata ke kota Bukittinggi, Sumatra Barat maka sempatkalah mencicipi hidangan nasi kapau guna mengisi lambung teman-teman agar dapat fit kemballi melanjutkan perjalanannya.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.