Mie Pangsit Ayam Bukit Apit, Sejak 1989

Bukittinggi yang terkenal dengan sebutan kota wisata tak hanya menyajikan sejumlah wisatanya nan indah namun juga menyajikan kuliner-kuliner yang beragam yang tentunya layak di coba bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota tersebut. Salah satu kuliner yang patut di coba di kota ini ialah mie pangsit ayam bukit apit. Kenapa mie pangsit ayam bukit apit, karena mie pangsit ayam ini merupakan mie pangsit ayam legendaris yang terdapat di kota wisata ini. Warung mie pangsit ayam ini sudah berjualan semenjak tahun 1989 atau lebih kurang sudah berdiri selama 34 tahun.
satu porsi mie pangsit
(Foto oleh Adhmi)

Mie pangsit ayam bukit apit ini berlokasi tempat di pusat kota Bukittinggi. Lebih tepatnya berlokasi di Jl. Ahmad Yani No.105B, Benteng Ps. Atas, Kec. Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat. Orang-orang di era 90-an menyebut lokasi ini dengan mie ayam kampung cina. Jarak warung mie pangsit ayam bukit apit ini juga tidak jauh dari ikonnya kota Bukittinggi, jam gadang, kira-kira berjarak 400-meter dari jam gadang yang mengarah ke balai kota. Di namakan mie pangsit ayam bukit apit karena memang kalau dilihat warung tersebut di apit oleh dua bukit kecil. Bukit yang berada di depan warung mie pangsit ayam ini merupakan lokasi dari kebun binantang kinantan Bukittinggi, sedangkan bukit yang berada di belakang warung mie ayam ini merupakan komplek dari benteng fort de kock Bukittinggi. Diantara ke dua bukit tersebut di hubungkan oleh jembatan penghubung yang bernama jembatan limpapeh. Artinya warung ini juga berada di bawah jembatan penyeberangan orang yang menghubungkan dua bukit tersebut.

Berada di jalan utama dan letaknya di pinggir jalan raya membuat warung mie pngsit ayam bukit apit ini sangat mudah untuk dikunjungi. Pengunjung mie pangsit ayam ini ramai apabila di waktu akhir pekan dan hari libur. Pengunjungnya tidak hanya masyarakat lokal saja melainkan dari para wisatawan dari luar daerah bahkan dari luar negeri atau para turis yang sedang berlibur di kota Bukittinggi. Selain itu letak warung mie pangsit ayam bukit apit ini dikelilingi oleh beberapa hotel-hotel dan penginapan-penginapan yang ada di kota bukittinggi.
Mie pangsit yang sudah ada sejak 1989
(Foto oleh Adhmi)

Racikan mie ayam yang sudah ada puluhan tahun yang lalu ini dibuat tanpa bahan pengawet. Komposisinya terdiri atas mie, sayur, pangsit, potong ayam, dan kuah yang panas serta dibumbui dengan sempurna sehingga terasa nikmat ketika disantap. Bentuk dari mie pangsit ayam ini tentunya berbeda dengan kebanyakan mie ayam yang lainnya. Mie nya khas dengan ukuran kecil dan tipis. Untuk harga satu porsi mie pangist ayam disini ialah Rp.14.000. Namun pengunjung juga dapat memesan mie pangsit ayam bakso dengan harga Rp.17.000 atau mie pangsit ayam telur dengan harga Rp.17.000. Selain menu utama nya mie pangsit ayam, warung ini juga menyajikan menu lainnya berupa bubur ayam dengan harga Rp.12.000, lontong sayur dengan harga Rp.10.000 dan bihun goreng dengan harga Rp.12.000. Terdapat juga keripik-keripik sebagai pelengkap makanan dengan harga hanya Rp.1.000. Selain makanan tentunya warung ini juga menyediakan minuman seperti capucino dingin dengan harga Rp.10.000, Jus buah-buahan dengan harga Rp. 10.000 dan juga teh es dengan harga Rp.8.000. Warung mie pangsit ayam bukit apit ini buka setiap hari mulai sejak pukul 07.00 wib atau pagi hari dan tutup di sore hari pada pukul 17.00 wib.
Mie pangsit bukit apit memiliki cita rasa yang khas
(Foto oleh Adhmi)

Jadi untuk teman-teman yang berkunjung ke kota Bukittinggi tidak ada salahnya untuk mencoba kulineran mie pangsit ayam legendaris kota wisata Bukittinggi, yakninya mie pangsit ayam bukit apit. Mie pangsit ayam yang sudah terkenal sejak era 90-an dan lokasinya yang berada di pusat kota membuat tempat ini cukup mudah untuk disinggahi.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.