"Niro Talua" (NITA), Minuman Tradisional Tanah Datar

NITA, begitulah masyarakat setempat menyebut minuman ini, yang artinya niro talua atau niro telur dalam Bahasa Indonesia. Minuman ini menjadi salah satu minuman tradisional Minangkabau. Mendengar nama minuman ini tentunya tidak sepopuler minuman khas Minangkabau atau Sumatra Barat lainnya seperti teh telur,kawa daun dan dadiah. Namun minuman niro telur ini patut untuk kita ketahui dan bahkan mencobanya serta sekaligus memperkenalkan minuman tradisonal nusantara yang menjadi ragam kekayaan makan dan minuman khas Sumatra Barat dan Indonesia pada umumnya.
Satu gelas niro talua
(Foto oleh Adhmi)

Tidak jelas kapan awalnya minuman ini diperkenalkan, namun kalau dilihat dari segi historis dan geografisnya minuman niro talua ini sama seperti minuman teh telur yang sama-sama dikonsumsi oleh masyarakat yang tinggal di dataran tinggi Sumatra Barat. Minuman ini juga berguna untuk menghangatkan tubuh dari suhu pegunungan yang sangat dingin pada saat malam hari. Selain itu, minuman niro telur ini juga berkhasiat untuk stamina tubuh yang sangat diperlukan masyarakat yang tinggal di dataran tinggi Sumatra Barat dalam menjalankan aktivitasnya seperti ke hutan, ke sawah, maupun ke ladang.

Nito telur ini terbuat dari bahan dasar air nira. Air nira merupakan air yang diperoleh dengan cara menyadap dari batang pohon aren. Satu pohon aren dapat menghasilkan beberapa botol air nira dengan beberapa kali waktu menyadapnya. Air nira hasil sadapan pohon aren tersebut biasanya disimpan di dalam sebuah ruas bambu yang besar. Air nira yang sudah diambil dapat langsung di gunakan untuk membuat niro talua atau niro telur dengan cara menuangkan air nira tersebut kedalam sebuah gelas kemudian dicampurkan dengan telur ayam yang sudah di aduk pakai mixer atau pengocok telur. Dalam penyajiannya tidak perlu ditambah gula sebab air nira tersebut sudah cukup manis bahkan air nira ini juga dijadikan bahan dasar untuk membuat gula aren. Racikan air nira ditambah dengan telur ini tidak membuat rasa dan baunnya amis, rasanya seperti layaknya minuman teh telur namun berbeda dengan rasa yang disajikan sebab niro telur ini lebih terasa rasa air nira atau air niro nya.
Warung niro talua di jalan lintas Batusangkar-Lintau
(Foto oleh Adhmi)

Nah, bagi teman-teman yang penasaran dengan rasa minuman tradisional niro telur ini mestinya mencobanya kalau berkunjung ke Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat. Niro telur ini juga merupakan minuman khas dari Kabupaten Tanah Datar atau lebih tepatnya di Nagari Andaleh, kecamatan Sungayang, Tanah Datar. Warung niro telur ini berlokasi di Jalan lintas Batusangkar-Lintau KM 12 atau 12 km dari pusat kota Batusangkar. Warung niro talua tersebut berada persis di pinggir jalan raya dan tidak jauh sebelum menuju objek wisata panorama puncak pato. Untuk menuju ke lokasi lebih baik dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kalau dari Batusangkar dapat menyewa ojek dengan tarif berkisar Rp.30.000, hal tersebut dikarenakan kendaraan umum sangat jarang melintas kesana kalaupun ada hanya di jam-jam tertentu.

Harga segelas niro telur ini tidaklah mahal hanya Rp.10.000 saja. Selain menu utamanya niro telur, di warung ini juga menjual beberapa makanan dan minuman lainnya seperti mie rebus dan mie goreng denga harga berkisar Rp.8000 dan juga kopi hitam dan teh manis dengan harga berkisar Rp.5.000. Yang menarik dengan warung niro telur ini ialah bahan bakunya. Air nira nya tidak ditangkan dari luar daerah melainkan dari ladang-ladang pohon aren masyarakat sekitar. Jika teman-teman perhatikan jikalau kesana maka teman-teman akan menemukan masyarakat yang lalu lalang dengan membawah beberapa potongan ruas bambu besar yang artinya salah satu mata pencarian masyarakat setempat berladang pohon aren. Hal yang menarik lainnya dari warung yang sederhana ini ialah terdapat spanduk di dalam warung yang menjelaskan manfaat meminum niro telur tersebut dengan kata-kata yang sedikit membuat kita tertawa kecil. 
Bambu tempat menyimpan air nira ketika diambil dari pohon aren
(Foto oleh Adhmi)

Untuk itu, minuman tradisional kabupaten Tanah Datar ini mesti teman-teman coba. Selain mencoba rasa air aren yang di campur dengan telur yang membuat rasanya manis dan sedikit asam tentunya teman-teman dapat merasakan manfaat dari meminum minuman niro telur ini. Minuman ini tentunya bermanfaat bagi tubuh seperti meningkatkan stamina, menyehatkan jantung, serta menyehatkan kulit. Nira telur ini juga mengandung vitamin A dan vitamin B1.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.