Pantai Air Manis, Pantai Legendaris dengan Berbagai Aktivitas

Pantai air manis atau dalam Bahasa Minangkabau disebut pantai aia manih menjadi pantai yang legendaris di Kota Padang. Mengapa demikian, sebab pantai ini menjadi salah satu latar tempat kejadian yang terdapat dalam sebuah cerita rakyat Sumatra Barat yaitunya cerita Malin Kundang. Mendengar legenda Malin Kundang tentu tidak asing lagi bagi kita. Dia merupakan seorang anak yang dikutuk oleh ibunya menjadi batu karena telah berbuat durhaka kepada ibunya sendiri. Malin Kundang yang berbentuk batu atau yang biasa disebut batu malin kundang tersebut saat ini masih dapat kita jumpai di kawasan pantai air manis ini. Posisi batu maling kundang tersebut dalam keadaan sujud dan persis berada di bibir pantai air manis.
Pantai air manis Padang
(Foto oleh Adhmi)

Lokasi
Objek wisata pantai air manis ini berada di bagian selatan Kota Padang. Jalan menuju kesana cukup bagus dan dapat di tempuh dengan kendaraan roda dua, roda empatt, maupun bus-bus pariwisata. Akses yang baik dan tidak berada jauh dari Kota Padang, hanya sekitar 10-15 menit dari pusat kota, membuat pantai ini menjadi tujuan favorit bagi wisatwan yang berkunjung ke Kota Padang. Yang pastinya dengan terdapatnya batu malin kundang serta cerita malin kundang yang sudah terkenal se Indonesia menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke pantai air manis.

Akhir-akhir ini, Pemerintah Kota Padang merevitalisasi kawasan pantai air manis dengan membuat pedestrian disepanjang pantai. Selain itu, untuk masuk ke kawasan pantai air manis ini juga sudah menggunakan pembayaran non tunai melalui kartu debit, e-money brizzi, atau aplikasi link aja. Untuk tarif masuk Rp 10.000 per orang. Dengan dikelolanya pantai air manis oleh pemerintah kota tentunya memberikan kenyamanan tersendiri bagi pungunjung apalagi untuk wisata keluarga.
Suasana pantai air manis
(Foto oleh Adhmi)

Tak hanya melihat pantai dengan gelombang air lautnya, di pantai air manis ini pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas. Berikut ini terdapat berbagai aktivitas yang bisa pengujung lakukan kita berkunjung ke pantai air manis di Kota Padang, Sumatra Barat;

Melihat batu malin kundang
Pantai air manis yang terkenal dengan batu malin kundang, pastinya tujuan utama wisatawan ke pantai ini ialah untuk melihat wujud dari batu malin kundang itu sendiri. Wujud dari batu malin kundang tersebut berbentuk manusia yang sedang sujud. Di dalam legenda diceritakan si Malin Kundang dikutuk menjadi batu ketika ia sedang sujud guna minta maaf. Nah, terlepas dari cerita tersebut, bagi orang tua yang membawa anak yang masih kecil atau balita mungkin ini bisa menjadi media pembelajaran untuk mendidik anak-anak nya. Dengan mengisahkan bagaimana Malin Kundang menjadi batu dan kemudian memberikan nilai penekanan kepada anak untuk tidak berbuat durhaka kepada orang tua agar terhindar dari musibah.
Batu malin kundang di pantai air manis
(Foto oleh Adhmi)

Bermain ATV
ATV atau singkatan dari All Terrain Vehicle merupakan jenis motor yang kerap di pakai di medan-medan berat seperti di hutan dan di pegunungan. Namun di pantai air manis ini kita dapat menemukannya dan bahkan dapat kita pakai dengan cara menyewanya. Banyak sekali penyewa motor tersebut di pantai ini. Tarif sewa motor tersebut Rp 50.000 per jam. Dengan begitu pengujung dapat menjajal pantai air manis dari ujung utara ke ujung selatan yang panjangnya lebih kurang 400 meter. Sensasi bermain ATV di bibir pantai tentunya memberikan kesan tersendiri bagi para pengunjung. Waktu yang terbaik untuk bermain ini yakninya ketika sore hari atau ketika matahari sudah agak tidak bersinar terik.
Pengunjung bermain ATV
(Foto oleh Adhmi)

Mandi di pantai
Yang namanya pantai tentu tidak seru kalau tidak bermain air. Air laut di pantai air manis ini memiliki ombak yang kecil. Ombak ini seolah-olah mengajak pengunjung untuk bermain dengannya. Apalagi cuaca yang cerah dan panas membuat pengunjung tidak tahan untuk berendam di air laut. Pengujung dapat mandi di penggiran pantai air manis. Selain mandi, pengujung juga bisa bermain pasir dan juga mengumpulkan kerang yang terbawa arus ombak ke bibir pantai. Biasanya kerang-kerang yang unik dapat dibawa pulang sebagai koleksi atau oleh-oleh. Namun bermain di pantai dengan ombak yang kecil tentu masih memiliki resiko. Pengunjug mesti harus tetap waspada walaupun tim keamanan pantai atau SAR selalu berjaga dan memantau para pengunjung pantai air manis.
Ombak yang tidak terlalu tinggi cocok untuk berenang di pantai
(Foto oleh Adhmi)

Menyeberang ke pulau
Tepat di depan pantai air manis ini terdapat sebuah pulau kecil. Pulau tersebut bernama pulau pisang ketek atau dalam bahasa minangnya di sebut dengan pulau pisang ketek. Jarak antara pantai air manis ini dengan pulau pisang kecil tersebut berjarak lebih kurang 500 meter. Nah, yang unik disini menyeberang ke pulau tersebut dapat dilakukan hanya dengan berjalan kaki. Namun hanya terjadi ketika momen-momen tertentu dimana terjadinya air pasang surut. Biasanya momen pasang surut ini terjadi ketika pagi hari dan sangat jarang sekali terjadi di siang hari. Ketika pengunjung dapat momen ini, pastinya memberikan nuansa tersendiri untuk menyeberang ke pulau. Kalau diibaratkan berjalan di laut yang terbelah bak alkisah Nabi Musa a.s yang berjalan melintasi laut merah untuk sampai ke seberang.
Pedagang dan penjual survenir di pantai air manis
(Foto oleh Adhmi)

Jadi, pantai air manis ini merupakan salah satu objek wisata yang pantas untuk dikunjungi. Berbagai wahana dan aktivitas dapat dilakukan di pantai air manis ini. Pantai yang juga di Kelola oleh pemerintah Kota Padang pastinya memberikan kenyamanan tersendiri bagi para pengunjung. Selain itu disekitaran pantai juga banyak terdapat penjual makanan dan minuman yang juga menyediakan tempat duduk atau istirahat pengunjung selama berada di kawasan pantai. Tersedia juga penjual yang menjual cendra mata atau oleh-oleh yang dapat dijadikan buah tangan bagi para pengunjung untuk dibawa pulang.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.