Pensi dan Langkitang, Jajanan khas di Pantai Padang

Siapa yang tak kenal dengan kota Padang, ibu kota Provinsi Sumatra Barat yang terletak di pesisir barat Sumatra. Dengan lokasi kota Padang berada di pesisir barat tentunya kawasan pantai merupakan objek wisata andalan dari ibu kota Provinsi Sumatra Barat tersebut. Banyak terdapat pantai-pantai di kota Padang yang menawarkan keindahan tersendiri diantara pantai aia manih, pantai yang terkenal dengan legenda batu malin kundangnya, pantai pasia jambak, pantai yang memiliki deretan pohon pinus yang di indah di sepanjang pantainya dan yang paling terkenal tentunya pantai padang. Berbeda dengan dua pantai sebelumnya, pantai aia manih dan pantai pasia jambak. Pantai padang ini bisa dikatakan pantai yang ramai pengunjung dikarenakan persis berada di pusat kota Padang dan sangat mudah untuk dicapai.
Pensi dan langkitang
(Foto oleh Adhmi)

Pantai Padang
Pantai padang yang berada di lokasi yang sangat strategis tentunya memberikan dampak tersediri bagi pariwisata kota tersebut. Setiap wisatawan yang berkunjung ke kota Padang bisa dibilang akan pasti singgah sejenak di pantai padang. Pantai padang akan semakin ramai oleh pengunjung tak kala senja menyapa. Disini para wisatawan dapat melihat matahari tenggelam di ufuk barat yang ditemani deburan obak pantai barat Sumatra.

Dalam menanti matahari tengggelam salah satu aktifitas yang lazim dilakukan tentunga berfoto atau swafoto dengan latar belakang pantai. Namun di pantai padang sendiri memiliki keistimewaan kala menunggu matahari tenggelam yaitunya menikmati jajanan pensi dan langkitang. Dapat dikatakan pensi dan langkitang ini merupakan jajanan khas dari Sumatra Barat terutama di kota Padang karena pensi dan langkitang tersebut diperoleh dari danau yang ada di Sumatra Barat. Pensi sendiri merupakan keong air tawar dan langkitang merupakan siput air tawar. Keduanya dapat di temukan di danau maninjau dan danau singkarak. Langkitang dan pensi biasanya diolah dengan cara di gulai dengan bahan dan bumbu berupa santan, cabe, bawah putih, bawang merah, dan kunyit.
Pensi merupakan kerang air tawar
(Foto oleh Adhmi)

Jajanan nan khas
Pensi dan langkitang saat ini sudah menjadi menu khas dan favorite untuk dinikmati sayembari menghabiskan waktu sore hari di pantai padang. Cukup mudah menuju lokasi tempat para pedagang menjual pensi dan langkitang yang berada di sepanjang pantai padang. Bagi yang menggunakan angkot dapat menggunakan angkot warna orange dengan jurusan pasar raya-lubuk buaya yang naiknya di pasar raya padang. Jika menggunakan kendaraan pribadi kalau dari pasar raya padang dapat melewati jalan sudirman kemudian jalan ahmad yani dan kemudian jalan purus maka sampailah di pantai padang. Bagi yang menggunakan ojek pangkalan juga bisa dengan menyebutkan tujuan pantai padang dan apalagi dengan menggunakan kendaraan daring yang tentunya langsung menuju lokasi sesuai dengan aplikasi.
Satu porsi langkitang

Harga
Harga dari pensi dan langkitang sendiri cukup murah yakninya Rp.5.000 satu piring kecil dan Rp.10.000 untuk porsi yang agak banyak. Untuk pensi sendiri terdapat dua varian kuahnya, ada kuahnya yang bening rasa soto dan juga kuahnya yang berwarna agak merah yang rasanya agak sedikit pedas. Sedangkan langkitang disajikan dengan kuah gulai. Rasa dari pensi dan langkitang sama seperti kita memakan kerang namun pensi dan langkitang ini memiliki rasa yang lebih lebut serta di tambah dengan olahan bumbu dan rempah khas ranah minang. Rasanya yang agak pedas tuntunya menambah nikmat ditambah deburan ombak pantai, hembuan angin laut dan matahari yang akan tenggelam. Walaupun rasa pensi dan langkitang agak pedas tidak perlu khawatir sebab para penjual juga menjual es nutrisari dengan harga Rp.5.000, capucinno dingin dengan harga Rp.5.000 ataupun air mineral dengan harga Rp.4000.
Panorama pantai ketika menikmati pensi dan langkitang
(Foto oleh Adhmi)

Jadi menikmati matahari terbenam sangat lengkap bila ditemani dengan pensi dan langkitang khas nya pantai padang. Harganya yang cukup murah sangat lah cocok untuk menikmati jajanan khas Sumatra Barat ini baik itu bersama teman maupun dengan keluarga. Selain itu pensi dan langkitang ini juga memiliki khasiat yang baik untuk tubuh karena berasal dari perairan air tawar yang memilik protein yang cukup tinggi dan sehat bagi tubuh. Oleh karena itu, ketika teman-teman berkunjung ke Padang maka singgahlah ke pantai padang dan mesti mencoba jajanan khas pensi dan langkitang nya pantai padang.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.