Rumah Makan Pak Gole, Kedai Nasi Tua yang Masih Eksis Sampai Sekarang

Salah satu hal yang paling dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Sumatra Barat ialah kulinernya. Ya, benar. Kalau berbicara tentang kuliner dan makanan yang ada di Sumatra Barat tentu akan panjang sekali. Karena rata-rata tiap-tiap daerah memiliki makanan khas daerah tersendiri beserta makanan yang sudah menjadi suatu yang legendaris yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu dan masih bertahan sampai saat sekarang ini.
Rumah makan pak gole
(Foto oleh Adhmi)

Di kota Padang, ibu kota provinsi Sumatra Barat, banyak yang dapat kita jumpai perihal makanan yang sudah melegendaris semenjak jamannya. Tak diragukan lagi, Kota Padang yang sudah semenjak zaman dahulu kala merupakan salah satu kota tersibuk yang berada di pantai barat Sumatra. Hal tersebut dikarenakan Kota Padang menjadi jalur perdagangan laut dan juga tempat bersandarnya kapal-kapal perdagangan kala itu. Sejalan dengan hal ini, maka banyak dijumpai di Kota Padang, terutama rumah makan atau kedai nasi legendaris yang persisnya berada di kawasan kota tua Padang. Dari sekian banyak nya tentu hanya beberapa yang dapat bertahan hingga saat sekarang ini. Salah satu rumah makan yang legendaris di Kota Padang ialah rumah makan pak gole.
Tampilan rumah makan yang cukup sederhana
(Foto oleh Adhmi)

Rumah makan pak gole sendiri sudah ada semenjak tahun 1950. Ini terlihat di papan nama kedai nasi tersebut yang terpampang di depan pintu masuk rumah makan. Rumah makan pak gole ini berlokasi di Jalan Sutan Syahrir No. 37 Kecamatan Padang Selatan Kota Padang. Bagi wisatawan yang ingin menikmati makan siang dirumah makan ini maka tidak lah susah untuk mencari lokasinya apalagi dengan kendaraan pribadi. Dari pusat kota atau pasar raya padang hanya berjarak kira-kira 3 sampai 4 km saja. Untuk angkutan kota tidak ada yang melintasi rumah makan ini jadi alternatif lain yakninya dengan menggunakan kendaraan online. Namun alternatif yang lain untuk menuju ke rumah makan pak gole ini dapat juga dengan menaiki kereta api bandara Minangkabau dengan rute Bandara Internasional Minangkabau ke stasiun Pulai Air dengan tarif Rp.10.000 atau dari stasiun Padang ke stasiun Pulau Air dengan tarif hanya Rp. 5.000 saja. Nah, kemudian dari stasiun Pulau Air tersebut wisatawan hanya berjalan kira-kira 50–100-meter untuk sampai ke rumah makan pak gole tersebut.
Satu piring nasi rumah makan pak gole
(Foto oleh Adhmi)

Menikmati makan siang tentunya patut bagi wisatawan untuk di coba di rumah makan pak gole ini. Kenapa demikian, sebab rumah makan pak gole ini masuk kedalam daftar rumah makan dan restoran yang mendapat rekomendasi dari Pemerintah Kota Padang. Dari ratusan rumah makan dan restoran yang terdapat di Kota Padang. Pemko padang baru merekomendasikan 24 rumah makan/restoran yang sudah memiliki nilai “recommended” termasuk salah satunya rumah makan pak gole. Sangat wajar jika tempat ini direkomendasikan karena suasana ruangan rumah makan yang cukup luas, lingkungan yang bersih, serta memiliki kelengkapan fasilitas pendukung seperti tempat ibadah, toilet, tempat sampah, parkir.Rumah makan pak gole yang sudah berdiri semenjak puluhan tahun yang lalu tentunya memiliki khas rasa makan tersendiri. Cita rasa makanan yang sudah diwariskan turun temurun membuat makanan atau rumah makan ini tetap bertahan. Salah satu makanan rekomendasi di tempat ini ialah makan nasi dengan rendang daging. Sebab sebelum mencicipi hidangan saja aroma rempah-rempah olahannya begitu jelas tercium. Kemudian jika sudah dicicipi, maka akan lebih terasa bumbu beserta rempah-rempah nya yang begitu tajam dilidah, ditambah lagi dengan rasa pedas mengundang selera makan. Daging rendang nya pun begitu lembut, tidak keras kalau digigit. Begitu juga kuah dari rendang ini, lebih kering dibanding biasanya. Selain rendang menu favorit lainnya ialah dendeng.
Suasan di dalam rumah makan
(Foto oleh Adhmi)

Untuk makan disini per porsinya dihargai antara Rp.18.000 hingga Rp.25.000 tergantung dengan menu atau lauk yang diambil. Untuk minuman disini juga menyediakan the es dan jus jeruk dengan harga antara Rp.8000 hingga Rp12.000. Rumah makan pak gole ini buka setiap hari mulai dari pukul 09.00 wib sampai 20.00 wib. Waktu yang tepat untuk kesini beberapa saat sebelum jam makan siang, sebab kalau setelah makan siang kebanyakan lauk pauk nya sudah habis oleh banyak nya pelanggang yang makan di tempat maupun yang sekedar bungkus untuk dibawa pulang.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.