Keindahan Taman Panorama Baru Bukittinggi

Berbicara tentang tempat wisata, maka Kota Bukittinggi-lah tempatnya. Dijuluki sebagai kota wisata, Bukitinggi memang benar-benar menyuguhkan pesona keindahan alam yang luar biasa. berada di kaki 2 buah gunung yaitunya gunung marapi dan gunung singgalang membuat kota ini menjadi primadona bagi wisatawan, baik itu wisatawan lokal, maupun dari mancanegara. Jam gandang, ngarai sianok, lobang jepang merupakan beberapa objek wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Selain itu, ada objek wisata yang sangat viral atau sedang menjadi tren dikalangan pengguna media sosial saat ini yaitunya objek wisata taman panorama baru Bukittinggi.
Taman panorama baru Bukittinggi
(Foto oleh Adhmi)

Lokasi
Menuju ke lokasi objek wisata taman panorama baru ini cukup mudah. Dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat kita akan melalui jalanan yang cukup baik. Lokasi tepatnya berada di Puhun Pintu Kabun, Kecamatan Mandiangin Koto Salayan, Kota Bukittinggi. Berjarak lebih kurang 5 km dari pusat kota. Untuk kesana, jika dari arah ngarai sianok, pengunjung bisa melalui jalur menuju rumah sakit Ahmad Mochtar Bukittinggi dan kemudian akan menemukan sebuah pertigaan yang ada monumen/tugu. Dari pertigaan tersebut belok kiri, dan selanjutnya ikuti jalan tersebut hingga akhirnya jalanan tersebut berakhir di lokasi taman panorama baru Bukittinggi. Untuk kesana disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau ojek, sebab belum ada angkot dengan jurusan yang sampai ke tempat tersebut.
Pintu masuk taman panorama baru
(Foto oleh Adhmi)

Fasilitas
Saat ini sebenarnya tempat objek wisata ini masih dilakukan pengembangan yang lebih baik dan memanjakan pengunjung. Beberapa pekerja masih menata taman, jalanan, serta kedai-kedai agar lebih baik lagi. Untuk saat ini beberapa fasilitas telah tersedia seperti parkir kendaraan. Taman bermain untuk anak-anak. spot-spot foto yang menarik, toilet, gazebo, rumah pohon, serta mushola. Semuanya dapat dimanfaatkan bagi pengunjung. Bagi yang lapar atau haus disana juga terdapat beberapa penjual yang menjajakan makanannya. Unuk masuk ke objek wisata ini, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5000 per orang. Bagi yang membawa kendaraan akan dikenakan parkir kendaraan sebesar Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000 untuk kendaraan roda empat.
Taman bermain anak-anak di objek wisata panorama baru
(Foto oleh Adhmi)

Keindahan panorama baru
Objek wisata ini sangat baik dan ramah dikunjungi oleh semua kalangan. Dari parkiran kendaraan kita akan berjalan ke dalam panorama. berjalan lebih kurang 200 meter kita dapat memandang deretan pohon pinus di sepanjang jalan serta memandang perbukitang dengan tebing-tebing ngarai sianok. Di dalam objek wisata tersebut pengelola juga telah menyediakan tempat duduk-duduk untuk para pengunjung guna menikmati hamparan tebing-tebing ngarai sianok. Jikalau cuaca cerah maka akan tampak oleh kita gunung singgalang yang menjulang tepat di depan panorama tersebut. Selain itu pengunjung juga bisa berfoto di berberapa titik yang telah di desain sedemikian rupa oleh pengelola. Bagi yang membawa anak kecil atau balita terdapat juga taman bermain yang dilengkapi beberapa fasiltas wahana untuk anak-anak. Udara yang sujuk di panorama tersebut membuat kita akan betah berlama-lama sayembari memandang hijaunya perbukitam, gunung, serta lembah yang berada di dalam ngarai sianok.
Salah satu spot foto di taman panorama baru
(Foto oleh Adhmi)

Bagi yang ingin berwisata ke Kota bukittinggi tidak ada salahnya untuk pergi ke taman panorama baru untuk melihat keindahan alam yang disajikan disana. Suasana cukup nyaman, jauh dari hiruk-pikuk kendaraan, udara yang segar, serta pemandangan yang indah. Bagi para pengunjung tentunya untuk tidak membuang sampang sembarangan, buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan. Taman panorama ini cukup bersih karena diwaktu-waktu yang ditentukan petugas kebersihan silih berganti untuk membersihkan sampah pengunjung. Jadi kita tetap harus jaga kebersihan sehingga kita dan pengunjung lainnya nanti dapat sama-sama menikmati keindahan alam dari panorama baru tersebut.
Menikmati alam di objek wisata panorama baru bersama teman
(Foto oleh Adhmi)



2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.